Menelusuri Wisata Air Goa Pindul Wonosari, Yogyakarta

antirekayasa.com - Sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui Goa Pindul ? jika tidak, berarti wajar dikarenakan Goa Pindul adalah tujua wisata baru. Meskipun demikian banyak wisatawan yang datang berkunjung kesana untuk menikmati penglaman bersenang-senang di Goa Pindul. Diindonesia wisata Goa bukanlah merupakan hal yang baru. Tetapi memasuki Goa dengan menngunakan sebuah ban untuk berenang diatas air untuk menyusurinya menjadi keunikan tersendiri bagi Goa Pindul dan tentunya membedakan dengan Goa-Goa yang lain.

goa pindul

Apa keunikan yang mencolok yang membedaan Goa Pindul dengan Goa lainnya? Disini pengunjun jika ingin menelusuri Goa harus menggunakan pelampung dan ban air untuk mengapung. Peserta yang akan memasuki Goa dibuat kelompok dan setiap peserta harus memegang erat tali dari ban peserta lainnya sehingga terlihat dari atas seperti semut yang beriringan. Pemandu yang berpengalaman akan berenang diatas ban untuk menarik kelompok peserta agar bergerak dari mulut Goa hinggal akhir keluar dari mulut Goa. Panjang Goa Pindul ini kurang lebih mencapai 350 meter dan kedalaman airnya kurang lebih 1 sampai dengan 9 meter. Didalam Goa sambil menarik atau mendorong peserta, pemandu akan menjelaskan segala hal tentang Goa Pindul mulai dari proses pembentukan stalactite, zonasi goa, tempat pertapaan dan penghuni goa seperti keleawar dan lain lain, tidak lupa pula dengan mitos yang beredar tentang Goa ini.

Sebelum menjelang keluar dari mulut goa, peserta akan dibawa ketempat yang cukup dibilang sempurna untuk melakukan pengambilan gambar. Sebuah ruang yang besar berada didalam goa dan dihiasi sinar matahari yang masuk menerawang tipis jika diparaprasekan yaitu sebagai tirai pelangi. Peserta diboleh turun dari ban untuk berpose sesuka hati. Yang paling sering dilakukan oleh peserta yaitu berpose sambil melompoat kepermukaan air. Sungguh akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan jika Anda sempat meluangkan waktu berkunjung kesana.

Goa Pindul

Banyak orang menayakan bagaimana asal mula wisata goa ini berawal? Dari infomasi penduduk setempat, awal mula objek wisata Goa Pindul ini adalah gagasan dari Endro pasa tahun 2010 lalu, Endro adalah seorang pegawai Dinas Pariwisata Kab, Gunung Kidul yang menikah dengan istrinya yang berasal dari sekitar Goa Pindul berada. Endro pun berinisiatif mengajak warga setempat untuk merencakanan pembukaan objek wisata ini. Warga sekitar menyambut inisiatif Endro tersebut dan dibentuklah sebuah kelompok sadar wisata yang merupakan pendiri wisata ini. Dalam perkembangan selanjutnya, wisata ini dilengkapi dan disempurnakan dan distandarkan oleh beberapa mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) didesa ini. Sampai sekarang perkembangan wisatawan yang berkunjung yang cukup pesat menjadikan Goa Pindul menjadi magnit baru dan pelengkap wisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap bulannya tak kurang wisatawan yang berkunjung kesana berjumlah sekitar 20 ribu wisatawan. 

Goa Pindul

Setiap akhir pekan dan liburan, pengunjuna datang kesisi tumpah ruah. Kampung yang dulunya sepi kini menjadi ramai oleh wisatawan.

Selain menelusuri Goa, aktifitas yang disajikan bagi para wisatawan adalah mengikuti rivertubing. Rivertubing merupakan kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban besar. Dan khusu bagi wisatawan yang kurang meyukai air bias mencoba penelusuran Goa Gelatik, sebuah goa yang berada dekat denga Goa Pindul.

yogjalanjalan goa pindul

Bagaimana mencapainya? Untuk Goa Pindul dari arah Yogyakarta jaraknya kurang lebih 45 kilo meter ke arah timur menuju kota Wonosari, Kab. Gunung Kidul. Kira-kira waktu yang diperlukan untuk mencapainya yaitu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Jika ingin lebih menghemat wisatawan bisa menggunakan bis  kemudian turun diperempatan Grogol dan berganti kendaraan menggunakan ojek. Dengan alamat lengkap Lokasi Goa Pindul adalah Dusun Gelaran 1, Jediharjo, Kecamatan Karangmojo,  Gunugn Kidul.

Disana Anda dapat memilih jasa pemandu wisata untuk membawa Anda masuk ke Goa Pindul dan menikmati keindaha tentunya.

Sekian pembahasan tentang Goa Pindul semoga bermanfaat untuk wisata Anda

Terika Kasih.

Artikel Terkait :
0 Komentar untuk "Menelusuri Wisata Air Goa Pindul Wonosari, Yogyakarta"

Back To Top