Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta

antirekayasa.com - Pantai indrayanti adalah salah satu pantai yang ada di deretan pantai selatan pulau jawa yang letaknya  di Desa Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia tepatnya antara pantai sundak dan pantai siung. Keindahan pantai yang menjadi primadona deretan pantai selatan ini sangatlah eksotis, sehingga banyak wisatan berkunjung kesana. Mirip dengan Pantai Kute Bali panorama yang dihadirkan bisa dibilang hampir mirip, dengan pasir putih, air laut yang sangat jernih dan ombak yang tidak besar, cocok bagi wisatawan yang membawa anak-anak untuk berwisata di Pantai.

Rute yang harus ditempuh untuk mencapai Pantai Indarayanti yaitu dari Kota Yogyakarta sekitar kurang lebih 70 km. Jalan yang biasa dilewati wisatawan umum awalnya melewati jalan Wonosari kemudian ke Desa Piyungan lalu ke Desa Hargodumilah, setelah itu lanjut ke Bukit Bintang lalu lurus sampai ke Desa Patu hingga Hutan Bunder dan sampai di Wonosari lalu ambil jalun ke kanan atau selatan ambil kawasan karangrejek, kemudian belok kiri ke arah timur yang menuju hargosari hingga sampai Desa Bintaos, nah setelah Desa Bintaos datanglah Anda di Desa Tepus, disana sudah tersedia papan informasi mengenai nama dan lokasi pantai yang ada, Anda tinggal mencari pantai yangingin Anda tuju.


Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Jika ada halangan melalui jalur rute umum untuk ke Pantai Indrayanti, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada jalur alternatif yang bisa Anda lalui, rutenya yaitu dari jalu pantai selatan yakni lewat imogiri terlebih dahulu kemudian masuk ke Desa Siluk lanjut ke Desa Panggang, kemudian mabil kiri kearah timur, nah disana Anda sudah berada pada deretan kawasan pantai wisata di Kabupaten Gunungkidul, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah ke pantai yang ingin Anda tuju. Untuk sampai ke Pantai Indrayanti dari Pantai Baron Anda masih harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 10 kilo meter lagi ke arah timur.


Sedikit sejarah tentang Pantai Indrayanti ini dulu awalnya tidak bernama Indrayanti namun bernama Pantai Pulang Syawal, namun hingga saat ini nama yang lebih terkenal oleh wisatawan tentang pantai ini yaitu dengan sebutan Pantai Indrayanti. Setelah diteliti mendalam, pantai ini berubah nama menjadi Indrayanti dikarenakan oleh salah satu cafe & resto yang ada disana yang bernama “Indrayanti”. Dan dari sinilah awal mula pergantian nama pantai yang dulunya bernama Pantai Pulang Syawal menjadi Pantai Indrayanti. 


Denda Pantai IndrayantiPerbedaan yang menjadikan Pantai Indrayanti berbeda dengan pantai lainya yaitu pada peraturannya, jika dipantai lain tidak ada aturan yang mengatakan dilarang membuang sampah sembarangan, sehingga rata-rata kebanyakan pantai itu kotor. Nah di Pantai Indrayanti justru berbeda, karena disana diterapkan peraturan untuk tidak boleh membuang sampah sembarangan, dan jika ketahuan para wisatawan melanggar aturan tersebut, maka wisatawan yang bersangkutan harus membayar denda sebesar Rp.10.000. oleh karena hal tersebut Pantai Indarayanti menjadi pantai yang bersih dan terbebas dari kata kumuh.

Untuk baya kontribusi tiket masuk ke pantai Indrayanti dikenakan pajak sebesar Rp.5.000 sebagai uang pemeliharaan sarana dan kelesatarian yang ditetapkan oleh pemerintah daerah gunungkidul, bisa dibilang cukup murah untuk sekelas pantai primadona yang indah dan bersih seperti Pantai Indrayanti. Di semua pantai yang ada di deretan pantai selatan jawa sudah tersedia sarana dan prasarana seperti rumah makan, kamar mandi, musholla dll. Di Pantai Anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain-main dipinggiran pantai, main layang-layang hingga menyewa jetski dengan tarif sekitar Rp. 250.000 per 15 menitnya untuk mengitari  seputar kawasan wisata pantai selatan.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan malam dipantai juga tidak perlu khawatir karena disana banyak tersedia losmen, home stay yang herga permalamnya sekitar Rp.250.000 sampai dengan Rp.700.000. waktu check in dihitung mulai dari pukul 15.00 WIB dan check out pada pukul 12.00 WIB keesokan harinya. 


Sekian mengenai Pantai Indrayanti, semoga bermanfaat.


Terima Kasih.
0 Komentar untuk "Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta"

Back To Top