AIR TERJUN BENANG STOKEL LOMBOK

Air Terjun Benang Stokel

antirekayasa.com - Air Terjun Benang Stokel adalah objek wisata yang terletak hampir 27 kilometer dari Ibu Kota Nusa Tenggara Barat yaitu kota Mataram ke timur tepatnya di daerah Lombok Tengah. Semenjak dibuka, kawasan wisata ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara yang terpesona dengan keindahan panorama yang di hadirkan di kawasan wisata ini. Masyarakat setempat  percaya bahwa air terjun ini konon katanya memiliki banyak khasiat, salah satunya yaitu menyembuhkan penyakit. Maka kesempatan  untuk mandi atau sekedar melihat-lihat  dari dekat tidak disia-siakan jika berkunjung kesana.

DI kawasan ini, pengunjung akan larut dalam suasanya sejuk, sunyi, dan nyaman dan menenangkan. Suasana yang bisa menghilangkan stress pada kehidupan sehari-hari akibat pekerjaan atau masalah lainnnya yang menjemukan. Suara hempasan air dan anging akan menambah lengkapnya menjadi satu menyajikan suguhan yang berbeda  dari sekedar tempat wisata pada umumnya.

Pesona keindahan Air Terjun Benang Stokel memang unik dan sangat menarik menjadikan tempat ini jadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk keluarga Anda. Tingkatan air yang dimiliki air terjun ini merupakan lambang nuansa alami yang mampu menghadirkan suasana sakral bagi para wisatawan yang berkunjung. Urutan air terjun pertama oleh masyarakat disebut Air Terjun Benang Kelambu, yang tingkatan kedua terdapat tiga buah pancuran air terjun berderet dan di bawahnya terdapat Air Terjun Benang Stokel yang air mengalir jauh hingga sampai di Sungai  kokoq Babak, Lombok Barat.

Ada cerita unik masyarakat di balik pesona kecantikan Air Terjun Benang Stokel. Konon katanya, jalur lurus Benang Stokel ke Gunung Rinjani sering digunakan oleh para  orang sakti untuk mencari berkah ke Gunung Rinjani, hingga saat ini kebiasaan itu  masih sering dilakukan oleh masyarakat setempat. Jalur pendakian Gunung Rinjani umumnya ditempuh melalui kawasan Sembalun atau Senaru, namun menurut beberapa orang disana, jalur pendakian Benang Stokel ke Gunung Rinjani ini memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan dengan jalur biasanya. Selain objek Air Tejun, kawasan wisata Benang Stokel ini memiliki potensi alam sebagai penghasil buah-buahan. Di Kawasan ini bagian utara juga direncanakan menjadi salah satu daerah agrowisata dan ekowisata oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah yang mengedepankan tanaman kopi yang banyak tumbuh dan berkembang di kawasan ini. Bahkan kawasan ini diproyeksikan akan menjadi kebun buah terbesar di Indonesia Tengah.

Air Terjun Benang Kelambu (Air Terjun Pertama Benang Stokel)

Untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata Air Terjun Benang Stokel ini, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melalui Dinas Pariwisatanya  telah memasarkan objek wisata ini sebagai salah satu paket tujuan wisata yang telah dikemas sedemikian rupa menariknya.

Dari data statistik Pemerintan Daerah setempat mengemukakan bahwa setiap tahun kawasan wisata ini dikunjungi oleh lebih dari ribuan wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara, di karena tempat dan suasana yang disajikan sangat asri dengan hutan lebat dan dikelilingi oleh kebun coklat dan kopi milik warga membuat tempat ini sangat indah untuk dijadikan pilihan tempat berlibur.

Terima Kasih.

Artikel Terkait :

0 Komentar untuk "AIR TERJUN BENANG STOKEL LOMBOK"

Back To Top