Pantai Pasir Merica Tanjung Aan dan Batu Payung

antirekayasa.com - Ya Pulau Lombok tidak ada habisnya kalau di bicarakan mengenai wisatanya yang sangat kaya. Sangat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung untuk menikmati keindahan wisata di Pulau Lombok. Wisata yang ada di pulau ini yaitu pantai, Gili, air terjun, Gunung, kebudayaan (adat istiadat), dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal yang paling disenangi oleh para wisatawan dari yaitu pendaki Gunung Rinjani dan night party di Gili Trawangan. Nah disini kami akan mengulas dua lokasi wisata yang ada di Lombok yaitu Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung.


Tanjung Aan adalah salah satu pantai yang berada satu garis pantai dengan Pantai Kute di Lombok Tengah. Deretan pantai sangat indah dengan butiran pasir putih yang unik berbentuk seperti butiran merica dan dikelilingi perbukitan yang menjulang tinggi dengan keindahanya ini yang menjadi daya tarik tersendiri untuk Kawasan Wisata Mandalika Resort begitu sebutan untuk garis pantai yang berada di Lombok Tengah ini. Panjang garis pantai Tanjung Aan sekitar 1 km dengan suasananya yang khas sunyi dan alami, sangat mernarik siapapun untuk datang mengunjunginya.

Lokasi pantai Tanjung Aan yakni di bagian selatan kabupaten Lombok Tengah dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 90 menit perjalanan menggunakan kendaraan motor atau mobil  dari Kota Mataram. Rute yang Anda tempuh adalah dari Mataram masuk jalur By Pass menuju BIL (Bandara Internasional Lombok) kemudian masuk lokasi wisata pantai  Kuta lalu di bundaran Mandalika Resort (Novetel) belok kiri ke pertigaan setelah tanjakan belok kanan, nah sampai sudah di pantai Tanjung Aan.

Jika Anda menginginkan suasana pantai yang sunyi, pasir putih, air laut sangat jernih, ombak tenang, terumbu karang eksotis dan sinar matahari yang cocok untuk berjemur. Tentu saja pantai Tanjung Aan adalah pilihan yang paling tepat. Di pantai ini Anda bisa merasakan sensasi berjalan kaki sekaligus terapi dengan butiran pasir putih dan berbentuk seperti butiran biji merica, ataupun berenang, keliling dengan perahu (boat) menikmati keindahan panorama indahnya tempat wisata yang satu ini.

Hal yang membuat Anda takjub akan Tanjung Aan adalah keunikan pasir putih yang mirip seperti biji merica dan satu lagi keunikan nya yaitu pasir lembut seperti tepung yang mungkin sulit Anda temukan di pantai lain. Jika diperhatikan baik terlihat perbedaan ukuran butiran pasir merica antara sebelah barat dengan yang di sebelah timur pantai Tanjung Aan ini. Di sebelah barat ukuran pasir putihnya lebih kecil sehingga lebih halus daripada yang di sebelah timur. Hal ini terjadi karena proses gradasi karang oleh air laut dan menjadi serpihan kecil yang lembut. Lalu terbawa ke tepi pantai oleh arus ombak yang mengakibatkan setiap tahunnya tepi pantai Tanjung Aan naik beberapa centi meter dari sebelumnya. Pantai Tanjung Aan terkemuka ketika dijadikan lokasi syuting untuk film nasional berjudul Sajadah Ka’bah yang pemerannya adalah Rhoma Irama, anaknya Ridho Rhoma, Ida Iasha dan Ruhut Sitompul. Keindahan pantai ini tergambar sangat jelas di film tersebut. Hal yang tak kalah istimewa juga adalah adanya Batu Payung yang berada di balik bukit sebelah timur pantai Tanjung Aan.


Jika Anda mau berjalanan mendaki bukit yang ada di ujung sebelah timur pantai Tanjung Aan, sebuah keindahan alam yang mempesona akan kembali Anda lihat. Batu karang yang berdiri tegak berbentuk seperti Payung di karenakan bagian bawah lebih kecil dari pada bagian atasnya. Warga disana menyebutnya dengan sebutan Batu Payung. Dan karena letaknya yang berada di balik bukit itu membuat Batu Payung ini kurang popular dibicarakan. Tetapi belakangan ini menjadi sangat popular juga di karena Batu Payung sudah banyak terekspos semenjak Batu Payung ini di jadikan lokasi pembuatan iklan oleh salah satu perusahaan rokok asing yang lumayan besar. Semenjak itu sekarang wisatawan jika berkunjung ke pantai Tanjung Aan pasti menyempatkan untuk mampir ke lokasi Batu Payung ini.

Terima Kasih.


Artikel Terkait :


0 Komentar untuk "Pantai Pasir Merica Tanjung Aan dan Batu Payung"

Back To Top