Gili Trawangan dan Akomodasinya

Gili Trawangan, Lombok

antirekayasa.com - Gili Trawangan adalah satu dari tiga Gili yang terbesar yang terdapat di sebelah barat daya laut pulau Lombok, di Kabupaten Lombok Utara, NTB (Nusa Tenggara Barat), Indonesia. Gili Trawangan merupakan Gili yang ketinggiannya cukup lumayan signifikan letaknya di atas permukaan laut. Gili Trawangan adalah satu-satunya Gili yang memiliki fasilitas paling lengkap untuk para wisatawan. Setelah memilih transportasi untuk menuju ke Gili Trawangan, Anda perlu tahu mengenai beberapa fasilitas dan kegiatan apa saja yang Anda bisa lakukan disana. Ini gambaran dari kami.

Setibanya di Gili Trawangan, kami memutuskan untuk berkeliling sejanak sebelum beristirahat di penginapan kami. Dengan membawa ransel dan beberapa perangkat alat snorkeling milik kami, kami langsung berjalan menyusuri jalan jalan kecil di pinggir pantai. Meski hari masih terbilang pagi tetapi sudah terlihat keramaian pengunjung disana, tentu saja pengunjungnya adalah mayoritas wisatawan asing. Gili Trawangan yang kami tahu letaknya adalah di salah satu pulau Indonesia, terasa sangat asing sekali,  karena dipenuhi dengan wisatawan asing yang umumnya orang Eropa. Berbeda halnya dengan yang kami rasakan di Bali dimana kami masih merasakan suasana indonesianya.

Taman Reservasi Penyu, Gili Trawangan, Lombok

Setelah sekian saat berjalan perhentian kami langsung tertuju pada “Taman Konservasi Penyu”. taman konservasi ini tidak dikelola oleh pemerintah, melainkan organisasi lokal non-profit sehingga sumber dana yang digunakan untuk rehabilitasi sangat bergantung dari donasi wisatawan, jika memiliki kesempatan ke Gili Trawangan pastikan Anda mengunjunginya dan memberikan sedikit donasi agar taman konservasi penyu itu bisa terpenuhi kebutuhannya.


Bike For Rent, Gili Trawangan
Panjang pulau sekitar 3 km lebar 2 km, Gili Trawangan memiliki penduduk lokal sekitar 800 jiwa. Dengan ukuran ini, tentu akan sangat melelahkan jika Anda mengelilinginya dengan berjalan kaki. Disana hanya ada dua pilihan sebagai alat transportasi untuk Anda berkeliling, yaitu dengan sepeda atau dengan andong (cidomo). Tarif sewa sepeda per harinya di Gili trawangan dipatok antara Rp.50.000 – Rp75.000.  Sedangkan untuk menggunakan andong (cidomo), tarifnya dipatok antara Rp.75.000 – Rp100.000, untuk sekali jalannya sebuah cidomo mampu memuat hingga 6 orang penumpang.

Andong (Cidomo), Gili Trawangan
Untuk akomodasi yang dapat Anda peroleh di Gili Trawangan, jika bukan pada musim liburan, berbagai macam tipe dan kelas akomodasi tersedia disana, mulai dari yang kecil seperti homestay sampai yang besar seperti resort hotel mewah. Untuk homestay dengan kamar tipe standar, harga berkisar antara Rp100.000, – Rp150.000, per malamnya, sedangakan untuk resort harganya mulai dari Rp1.000.000 ke atas per malam. Berhubung kami tidak terlalu mengetahui kondisi masing-maing penginapan yang ada seperti apa, tapi berdasarkan beberapa sumber terpercaya kami mengatakan, untuk homestay tidak tersedia TV hanya ada tempat tidur, kamar mandi dan AC, Coral Beach Pizza Cottage tempat kami bermalam pun begitu,  tidak ada TV meskipun harganya sudah terbilang mahal sekitar Rp280.000 per malam. Mungkin kondisi ini memang disengaja oleh para penyedia jasa akomodasi disana agar setiap pengunjung tidak berdiam diri di kamar. Apalagi lagi Gili Trawangan juga yang terkenal dengan julukan Party Island. Dengan julukan tersebut hampir di setiap malamnya di Gili Trawangan digelar pesta yang diselenggarakan secara bergantian sesuai jadwal oleh masing-masing kafe.

Hotel, Gili Trawangan

Di Gili Trawangan tersedia berbagai jenis mesin ATM sehingga Anda tidak perlu susah payah untuk membawa uang tunai dari pulau Lombok, mulai dari bank pemerintahan hingga bank swasta ada disana, di antaranya  yaitu Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank CIMB Niaga, Bank Danamon dan lain-lain. Letak mesin ATM ini hampir berjejer satu sama lain dan letaknya pun di area pusat Gili Trawangan sehingga memudahkan untuk di akses, penduduk setempat menyebutnya dengan sebutan Sentral Gili Trawangan.

Anda tidak perlu khawatir kelaparan disana, karena di Gili trawangan sudah tersedia banyak kafe dan beberapa warung kecil untuk Anda membeli makanan dan minuman. Hampir di sepanjang jalan Sentral dari ujung utara sampai dengan ujung selatan banyak berdiri kafe-kafe. Mayoritas kafe disini menawarkan menu khas barat, dan beberapa kecil kafe yang menawarkan menu Asli Indonbesia ataupun makanan khas Lombok Umumnya.  Harga makanan di kafe-kafe berkisar antara Rp30.000 – Rp75.000 per porsi, tergantung menunya. Jika menurut Anda Terlalu mahal? Anda bisa mencari warung-warung Lokal harganya kisaran Rp.10.000, cocok buat Anda yang menyayangi isi dompet.

Berkunjung ke Gili Trawangan tentu saja tidaklah terasa lengkap tanpa snorkeling atau diving trip dipantainya. Tersedia banyak pilihan operator dengan rentang harga yang ditawarkan disini. rata-rata biaya untuk sekali snorkeling trip adalah berkisar Rp120.000 dengan jam terbang yaitu pada pukul 10.30 WITA dan kembali pukul 15.00 WITA waktu setempat. Paket ini sudah termasuk snorkeling gear lengkap, minuman dingin, makan siang, menggunakan kapal glass bottom boat, rutenya trip nya adalah mengelilingi 3 gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Jika Anda merasa ini kemahalan, Anda juga bisa menyewa alat snorkeling saja yang harganya berkisar antara Rp40.000 – Rp50.000 per harinya. Karena dari awal kami sudah membawa alat snorkeling sendiri, maka kami hanya cukup menyewa pelampung dengan yang murah sekitar harga Rp15.000, per hari dan melakukan snorkeling di pinggir pantai Gili Trawangan. Meskipun hanya snorkeling  di pinggir pantai kami sudah cukup puas karena ikan dan biota laut lainnya cukup banyak dan beraneka ragam serta berwarna-warni.


Terkahir adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan jika ke Gili Trawangan. Ya, SUNSET MOMEN, momen yang tentunya bakalan tidak akan terlupakan sepanjang hidup Anda dan membuat Anda akan selalu merasa ingin kembali lagi kesana. Pokoknya tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata.

Terima kasih

Artikel Terkait :

0 Komentar untuk "Gili Trawangan dan Akomodasinya"

Back To Top